Minggu, 15 September 2013

HR Professional dari Perspektif CEO

Pembahasan Materi Jum'at 13 Sept :
- HRM adalah bagian dari Organisasi, yang paling tinggi di dalam Organisasi adalah CEO.
- MSDM :
  • Rekrutmen
  • Seleksi
  • Pengupahan
  • Aturan Industrial
- Kerucut Organisasi:
  • Top-CEO (Mencari teman untuk memecahkan masalah)
  • Manager/Supervisior 
  • Staff (Harus bisa belajar dan siap bekerja, tidak boleh membawa masalah).
- Role HR :

1.) Strategic Partner:
-Menciptakan HR sebagai solusi bukan masalah.
-Partner dari Managemen, Owner.
-Jangan menjadi beban dan jangan datang dengan masalah.

2.) Advokasi:
-HR sebagai advokasi tidak boleh berkeluh kesah, tidak boleh mengkerut.
-Melakukan coach, bimbingan, mentoring.
-Advokasi bagi karyawan.

3.) Administratif:
-Personal Management (adanya pendataan).

4.) Change Agent:
-Sebagai agen perubahan, membicarakan tentang UMP.
-Berkomunikasi.

- Di dalam sebuah organisasi terdapat dua bagian:
  • System yang terdiri dari Finance, Marketing dan Operating.
  • SDM yang terdiri dari HR. HR lebih banyak pekerjaannya yaitu sebesar 50%, dan harus siap dengan segala konsekuensi. Dan biasanya tanggung jawab HR ditambah sebesar 10/25% sebagai General Affair mengurus tentang perijinan, listrik dan lain-lain.
- Departemen SDM menjalankan tiga fungsi yaitu :
  • Fungsi lini : Manager SDM mengarahkan aktivitas karyawan dalam divisinya sendiri dan area pelayanan yang terkait.
  • Fungsi Koordinatif : Para manager SDM juga mengkoordinasikan aktivitas personalia, kewajiban yang sering dianggap sebagai kontrol fungsional.
  • Fungsi Staf : Manager SDM membantu dalam membuat dan menerapkan strategi perusahaan menolong CEO memahami dengan lebih baik aspek-aspek personalia dari pilihan-pilihan strategi perusahaan.
- Manager SDM mengaplikasikan garis orientasi dalam unit kerja dan menyiratkan orientasi ditempat lain dalam organisasi. Para manager SDM ini memastikan bahwa tujuan dan kebijakan SDM dalam organisasi tersebut dikoordinasikan dan diimplementasikan. Dan mereka menyediakan berbagai jasa staf yang beragam kepada managemen lini, seperti seperti melakukan rekanan dengan CEO dalam mendesain strategi perusahaan, dan membantu dalam mempekerjakan, pelatihan, evaluasi, pemberian penghargaan, promosi dan pendisiplinan karyawan pada semua tingkatan.


Sumber :
- Dessler, Gary. (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Indeks.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar