Minggu, 15 September 2013

Analisi Jurnal

Di dalam jurnal yang berjudul "Analisis Gender pada Iklan Televisi dengan Metode Semiotika", saya dan teman-teman kelompok 6 menganalisis sebagai berikut:

Jurnal Psikologi tahun 2004, No. 2, 130-141 ini dibuat oleh Naomi Srie Kusumastutie dan Faturochman.
Masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah iklan berimplikasi pada pengukuhan kembali nilai gender stereotipe, bila iklan yang bersangkutan memuat ideologi gender yang seksis?". Dalam hal ini penelitian ini peneliti menggunakan metode semiotika. Semiotika merupakan studi tentang tanda (Noviani, 2002) yang berusaha untuk mencari makna ideologis dari suatu teks (Berger, 1982). Penelitian ini menggunakan iklan televisi sebagai objeknya, oleh karena itu peneliti melakukan observasi terhadap iklan-iklan yang ditayangkan untuk mendapatkan gambaran tentang iklan-iklan itu sendiri. Penelitkategi membagi jenis produk dan kategori jenis iklan yaitu seksis, semi seksis dan non seksis. Dari pembagian kategori tersebut peneliti memilih 2 iklan sebagai sampel yaitu iklan Pond's White Beauty dan Rinso. Dan dari hasil observasi tersebut peneliti menyimpulkan bahwa kedua iklan tersebut telah menjalankan fungsi ekonomi maupun fungsi sosial dengan caranya sendiri-sendiri. Fungsi ekonomi dijalankan dengan cara mengintegrasikan representasi gender dalam iklan masing-masing iklan, sehingga representasi tersebut dapat membangun fungsi persuasif iklan secara keseluruhan.

Kelebihan Jurnal ini adalah peneliti menuliskan waktu dilakukannya observasi yaitu pada minggu pertama bulan Juli 2002 tanggal 7 sampai dengan 13. Setelah mendapatkan gambaran melalui observasi awal peneliti lalu melakukan perekaman iklan televisi,

Kelemahan Jurnal ini adalah peneliti hanya mengambil 2 sampel dari kategori seksis dan non seksis. Peneliti tidak mengambil iklan yang semi seksis sehingga tidak dapat membedakan iklan dari ketiga kategori tersebut.

Literatur:
- http://fatur.staff.ugm.ac.id/file/JURNAL%20-%20Analisis%20Gender%20Iklan%20TV.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar