Minggu, 22 September 2013

Diskusi Materi Rekrutmen dan Seleksi



Materi Managemen SDM  "Rekrutmen dan Seleksi", tanggal 20 Sept :

-  Perekrutan adalah hal yang lebih kompleks dari apa yang dipikirkan oleh seorang manajer. Kegiatan ini tidak hanya melibatkan penempatan iklan atau memanggil agen pekerjaan. Pertama, upaya perekrutan anda harus sesuai dengan rencana strategis perusahaan. Kedua, beberapa metode perekrutan lebih baik dari yang lain, bergantung pada jenis pekerjaan yang anda rekrut dan menjadi sumber anda. Ketiga, keberhasilan rekrutmen anda bergantung pada luasan area masalah dan kebijakan non rekrutmen SDM.

- Ada beberapa keuntungan melakukan sentralisasi fungsi perekrutan yaitu, sentralisasi memudahkan untuk mengaplikasikan pioritas strategis perusahaan secara keseluruhan. Perekrutan secara terpusat memiliki keuntungan lain yaitu, mengurangi duplikasi (memiliki beberapa kantor perekrutan), memudahkan untuk menyebarluaskan biaya dari teknologi baru (seperti solusi perekrutan dan penyaringan berbasis Internet) pada lebih banyak departemen, membentuk tim ahli perekrutan, dan memudahkan untuk mengidentifikasi mengapa perekrutan yang dilakukan berjalan dengan baik (gagal).
-   Perencanaan pekerjaan adalah bagian integral dari strategi perusahaan dan proses perencanaan SDM. Perencaanaan personalia adalah langkah pertama dalam proses perekrutan dan seleksi. Dengan mudah kita dapat memandang proses ini sebagai serangkaian rintangan, seperti:
1.      Tentukan posisi yang harus Anda isi dengan merencanakan dan memprediksi personel.
2.      Panggillah calon karyawan untuk pekerjaan ini dengan merekrut calon wawancara eksternal.
3.   Mintalah para pelamar untuk mengisi formulir aplikasi dan mengikuti wawancara penyaringan awal.
4. Gunakan teknik seleksi seperti ujian, pemeriksaan latar belakang, dan ujian fisik untuk mendapatkan calon karyawan yang dapat bertahan.
5.     Tentukan kepada siapa tawaran itu diberikan, dengan meminta penyelia dan (barangkali) yang lain dalam tim untuk mewawancarai calon yang bertahan.

-   Perekrutan eksekuif adalah agensi pekerjaan khusus yang dipertahankan oleh pengusaha untuk mencari bakat manajemen puncak untuk klien mereka.

-   Tiga tahap rekrutmen dan seleksi adalah:
1.      Defining Requirements
       Mempersiapkan deskripsi pekerjaan dan spesifikasi; memutuskan syarat dan kondisi pekerjaan.
2.      Attracting Candidates
    Meninjau dan mengevaluasi alternatif sumber pelamar, dalam dan di luar perusahaan, iklan, menggunakan agen dan konsultan.
3.      Selecting Candidates
   Aplikasi penyaringan, wawancara, pengujian, menilai calon, pusat penilaian, menawarkan pekerjaan, mendapatkan referensi, mempersiapkan kontrak kerja.

-     Ada 7 perencanaan yang dikembangkan oleh Rodger:
1. physical make-up – kesehatan fisik, penampilan dan pidato
2. attainments – pendidikan, kualifikasi dan pengalaman
3. general intelligence – kapasitas intelektual yang mendasar
4. special aptitudes –  kemampuan yang dimiliki
5. interests – intelektual, praktis, konstruksi, aktif secara fisik, sosial, seni
6. disposition – akseptabilitas, pengaruh terhadap orang lain, kemantapan, ketergantungan, kemandirian
7. circumstances – keadaan dalam negeri, pekerjaan keluarga. 

E-rekrutmen atau online rekrutmen menggunakan alat berbasis web seperti publik suatu perusahaan situs internet atau intranet sendiri untuk merekrut staf . Proses e-rekrutmen terdiri menarik, penyaringan dan pelacakan pelamar, memilih, dan menawarkan pekerjaan atau menolak kandidat. 



 



Daftar Pustaka:

  • Dessler, Gary. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Indeks.
  • Bahan Ajar: E-book Modul HRM 08

Tidak ada komentar:

Posting Komentar