Rabu, 11 September 2013

Managemen SDM

Pengertian Managemen:
- Menurut James A.F. Stoner, Managemen adalah suatu proses perencanaan, perorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya dari anggota organisasi serta penggunaan sumber daya yang ada pada organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.
- Definisi Managemen SDM, menurut Moses N. Kiggundu (1989), Basir Barthos (1990), dan Lembaga Managemen FEUI (1993) adalah pengembangan dan pemanfaatan personil (pegawai) bagi pencapaian yang efektif mengenai sasaran-sasaran dan tujuan-tujuan individu, organisasi, masyarakat, nasional, dan internasional.

Peran Managemen :
- Berdasarkan observasinya, Mintzberg menyimpulkan bahwa manager melakukan sepuluh peran atau rangkaian perilaku yang berbeda dan saling berkaitan erat. Kesepuluh peran ini bisa dikelompokan sebagai
1) Peran Antarpersonal yaitu peran ini mencakup perekrutan, pelatihan, pemberian motivasi, dan pendisiplinan karyawan.
2) Peran Informasional yaitu peran ini mencakup tiga peran berhubungan dengan perilaku pemrosesan informasi (pemantau, disseminator, dan juru bicara).
3) Peran Pengambilan Keputusan yaitu peran ini Mintzberg mengidentifikasikan empat peran terkait pengambilan keputusan : wirausahawan, orang yang menangani kekacauan, pengalokasi sumber daya dan perunding).

Ruang Lingkup Managemen dalam Organisasi :
- Pentingnya Managemen SDM dalam Organisasi yaitu sumber daya manusia mempunyai dampak yang lebih besar terhadap efektifitas organisasi dibandingkan dengan sumber daya yang lain. Seberapa sumber daya manusia dikelola dan menentukan kesuksesan organisasi dimasa mendatang. Pengelolaan sumber daya manusia itu sendiri akan menjadi bagian yang sangat penting dari tugas managemen organisasi. Kompleksitas pengelolaan sumber daya manusia sangat dipengaruhi oleh banyak faktor. 
- Ruang lingkup managemen sdm secara umum :
Lingkup Managemen SDM meliputi semua aktifitas yang berhubungan dengan sumber daya manusia dalam organisasi seperti yang dikatakan Russel dan Bernandin bahwa "...all desicions which affect the workforce concern the organization's human resource management function." Aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan Managemen SDM ini secara umum mencakup :
1. Rancangan Organisasi 
2. Staffing
3. Sistem reward, tunjangan-tunjangan dan pematuhan
4. Management performansi
5. Pengembangan kerja dan organisasi
6. Komunikasi dan hubungan masyarakat

Literatur:

- Judge, Timothy A., & Robbins, Stephen P. (2008). Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.
- http://www.slideshare.net/Sthefanie Parera/pengertian-managemen-16558495
- http://www.slideshare.net/ning24/konsep-dasar-dan-ruang-lingkup-msdm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar